• Saya Andi, 2 bulan yang lalu saya operasi patah tulang dislokasi fraktur fibula kaki kanan. Telapak kaki saya miring ke dalam, dan kalau di luruskan sedikit berat dan kaku, jika di lemeskan lagi kakinya, kaki saya kembali lagi seperti ada per. Karena masih sedikit ada benjolan seperti bengkak. Apakah kaki saya yang habis operasi boleh dilakukan sinar infra red/inframerah supaya kakinya lemas?

    Terima kasih banyak dokter atas jawabannya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mengetahui seberapa jauh kondisi anda dan apakah perbaikan pasca patah tulang bisa kembali normal atau tidak sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan mulai dari lokasi patahan, jenis patahan, gangguan pembuluh darah dan persarafan yang terjadi hingga tatalaksana awal yang telah dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras.

    Keluhan yang anda alami dimana telapak kaki anda tampak miring ke dalam dan juga terasa berat saat akan diluruskan kemungkinan bisa terjadi karena pembengkakan yang masih berlangsung. Namun bisa juga disebabkan oleh hal lainnya. Sehingga alangkah baiknya jika memang anda tetap rutin kontrol ke dokter hingga alat gerak anda benar – benar dinyatakan sembuh total.

    Untuk terapi infrared ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik guna memastikan apakah terapi tersebut benar – benar sesuai bagi kondisi anda saat ini. Oleh karena itu silakan anda kunjungi dokter tulang anda dan konsultasi juga dengan dokter rehabilitasi medik di kota anda untuk mendapatkan penanganan secara komprehensif sesuai hasil pemeriksaan yang ada saat ini.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Setelah Operasi, Bolehkah Kaki di Sinar Infra Red Supaya Lemas?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.