• Selamat malam dok, saya ingin bertanya tentang patah tulang kaki fibula tepatnya dibawah lutut karena kecelakaan sampai hari ini sudah 4 minggu, patah tulang fibula di kaki saya bentuk patahan atas dan bawahnya runcing di tengah nya ada 1 rimpilan tulang serta dari kejadian tersebut saya tidak melakukan operasi.

    tetapi saya biarkan saja, tetapi tidak sakit dok, cuma bengkak dibagian kaki bawah apabila buat aktivitas. Yang ingin saya tanyakan apakah tulang fibula saya bisa menyatu kalau ada rimpilan tulang ?

    kata dokter pribadi suruh minum calc, adakah obat luar atau yang diminum yang memang sangat baik agar tulang dapat menyatu dok ?. Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang patah tulang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras.

    Patah tulang dimana tulang pecah menjadi beberapa fragmen disebut juga dengan fraktur kominutif. Pada dasarnya tiap tulang yang patah akan dapat menyatu.

    Namun permasalahannya apakah tulang menyatu dengan sempurna ataukah menyatu dengan tidak beraturan. Hal ini ditentukan dengan penanganan yang tepat.

    Untuk obat luar sendiri atau obat minum tidak ada yang secara khusus digunakan untuk menyatukan tulang. Penanganan seperti pemasangan gips atau pun tindakan operatif merupakan cara yang paling efektif digunakan tergantung dari jenis patahan, lokasi patahan nya dan lain sebagainya.

    Seringkali tulang fibula yang patah tidak perlu mendapat penanganan khusus karena tulang ini yang berukuran kecil dan tidak berfungsi secara langsung untuk bergerak mengingat anatomi nya yang bertumpu pada tulang tibia (tulang kering) di depannya yang lebih besar dan kokoh.

    Namun untuk memastikan nya perlu pemeriksaan secara detail guna mengetahui apakah tulang fibula perlu penanganan khusus ataukah cukup dibiarkan begitu saja hingga tulang menyatu dengan sempurna.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apa Tips Agar Patah Tulang Fibula Cepat Menyatu?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.