• Rijal

    Dok, saya mengalami kecelakan pada 15 maret dan mengakibatkan tulang paha kanan patah, terus dibawa ke pengobatan altenatif /sakal putung, digips selama 1bulan, setelah itu kurang dari 2 bulan boleh Belajar berjalan pakai tongkat, tapi bagian paha harus dibidai/dikasih bambu terus dibalut dengan perban,  Biar aman jalannya,  3 minggu kemudian bisa jalan tidak pakai tongkat, tapi jalannya pincang.

    Amankah berjalan tanpa tongkat kurang dari 3 bulan setelah mengalami kecelakaan?

    Berapa lama Bidai/bambu yang dibalut dengan perban, itu bisa dilepas?

    Dan usia saya 19 tahun, berapa lama tulang saya sembuh total??

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang dan penyembuhannya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Untuk mengetahui seberapa jauh kondisi anda dan apakah perbaikan pasca patah tulang bisa kembali normal atau tidak sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan mulai dari lokasi patahan, jenis patahan, gangguan pembuluh darah dan persarafan yang terjadi hingga tatalaksana awal yang telah dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Sayangnya anda membawa diri anda ke sangkal putung. Hal ini kerap kali menimbulkan komplikasi pada pasien misalnya berupa kecacatan karena penyambungan yang tidak sempurna.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Bentuk patahan tulang tidak hanya berupa patahan sederhana saja namun juga bisa disertai pemendekan dan lainnya sehingga butuh penanganan yang tepat untuk menghindari komplikasinya.

    Alangkah baiknya anda melakukan pemeriksaan seca langsung ke dokter untuk memastikan bagaimana bentuk persambungan tulang yang telah terbentuk. Jika tulang tersambung sempurna maka anda tinggal menunggu waktu pemulihan saja yang biasanya berlangsung kurang lebih 3 bulan. Namun jika persambungan tulang tidak sempurna dan menyebabkan pemendekan, ataupun tulang tersambung bengkok atau malah kondisi lainnya yang lebih berat maka perlu tindakan repair terlebih dahulu dan tentunya waktu penyembuhan lebih lama. Oleh karena itu segera kunjungi dokter spesialis bedah tulang (ortopedi) di daerah anda.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Seputar Patah Tulang Paha Kanan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.