• Assalamualaikum Wr. Wb.

    Dok, saya ingin bertanya. Kekasih saya 2 bulan yang lalu mengalami kecelakaan motor. Akibatnya lengan kiri bagian atas patah dan remuk ,oleh pihak RS disarankan untuk operasi penyambungan tulang dengan mengambil tulang dari lengan atas sebelah kanan untuk menyambung tulang yang sudah hancur. Setelah dioperasi  dokter mengatakan hanya tinggal menunggu tulang dan otot saraf menyatu semua. Saat ini sudah di cek dan di nyatakan sudah menyatu semua tulang dan sarafnya.Sesi selanjutnya yaitu terapi.

    Sebelum terapi kekasih saya dapat menggerakan jari walaupun sedikit dan kadang tidak sesuai dengan perintah otak ,setelah di terapi 1 kali di suruh coba menggenggam dan menggerakan siku dan mengangkat benda rasa sakitnya luar biasa dan diberhentikan oleh dokter. Setelah hari itu, kekasih saya tangan kirinya malah tidak dapat digerakkan sama sekali. Apakah tangan kekasih saya masih dapat bergerak normal kembali dok? Apa yang harus di lakukan ke depannya agar tangannya bisa norma kembali? dan kita kira butuh waktu berapa lama untuk pulih total sampai bisa normal kembali ?

    Terima kasih dokter atas jawabannya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mengetahui seberapa jauh kondisi pasangan anda dan apakah perbaikan pasca patah tulang bisa kembali normal atau tidak sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan mulai dari lokasi patahan, jenis patahan, gangguan pembuluh darah dan persarafan yang terjadi hingga pemilihan terapi yang tepat serta keberhasilan terapi yang telah dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya.

    Keluhan yang dialami pasangan anda dimana lengan mengalami kesulitan gerak bisa disebabkan karena gangguan nyeri hingga karena gangguan saraf. Memang setelah operasi pasien tidak bisa langsung menggerakkan anggota tubuhnya yang bermasalah, namun harus melakukan serangkaian latihan yang dilakukan secara bertahap sesuai kondisi tulang dan jaringan di sekitarnya. Sebaiknya pasien berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani karena tentu beliau yang lebih tahu sejauh apa kondisi pasien berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang yang telah dilakukan. Namun pada prinsipnya selama penegakan diagnosis tepat dan penanganan tepat maka kondisi anatomi dan fungsi alat gerak yang patah bisa kembali normal namun waktunya bervariasi.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Latihan Gerak Setelah Patah Tulang, Bagaimana Caranya?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Pasien Patah Tulang Dapat Bergerak Secara Normal Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.