• Assalamualaikum dokter, nama saya arif usia 24th. Saya mengalami kecelakaan yg mengakibatkan tulang lengan bawah kanan patah dua duanya, serta clavikula kanan patah juga. Dan sudah dipasang pen di lengan bawah 2 pen clavicula 1 pen, sekarang sudah setahun tapi tangan kanan saya belum bisa digerakkan sama sekali, jari-jari terasa kesemutan, dan sebagian tangan masih terasa baal sampai sekarang.

    Untuk informasi pen yang di clavicula sudah di lepas, dan tinggal lepas pen yg di lengan bawah. Informasi dari dokter yg merawat saya tulang sudah menyambung bagus, tapi knp masih blm bisa digerakkan ya dok?

    Selama satu tahun ini juga rutin untuk fisioterapi. Dari dokter yang merawat saya penanganan lebih lanjut nya dilakukan setelah lepas pen yang di lengan bawah, dan akan di rujuk ke rs di Jakarta karna di lampung blm bisa.

    Kenapa tangan saya tak kunjung bisa di gerakkan ya dok? Dan langkah apa yang harus saya ambil? Apakah pemuluhan sampai tangan saya bisa bergerak akan membutuhkan waktu lama. Atau ada kelainan saraf,mohon bantuannya dok, terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Lamanya penyembuhan patah tulang berbeda – beda tiap penderita. Hal ini ditentukan oleh faktor usia, tingkat keparahan patah tulang, lokasi patahan tulangnya dan kerusakan jaringan di sekitar tulang yang patah. Anggota gerak yang masih terasa kaku atau lemah setelah dinyatakan sembuh oleh dokter sebenarnya hal yang wajar terjadi karena sudah lamanya anggota gerak tersebut dibatasi pergerakannya. Oleh karena itu memang butuh fisioterapi dan latihan gerak yang tepat dan dilakukan secara bertahap untuk memulihkan kondisi anda. Namun memang harus dipastikan pula bahwa tidak ada kerusakan saraf atau pembuluh darah yang terjadi di sekitar tulang yang patah. Karena jika memang anda maka hal ini bisa memperlama pemulihan kondisi anda.

    Dalam forum ini saya hanya tidak bisa memastikan apa yang menjadi penyebab belum bisa bergeraknya lengan anda karena saya sendiri tidak melakukan pemeriksaan secara langsung pada anda baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Oleh karena itu ada baiknya anda menanyakan sejelas – jelasnya kondisi anda dengan dokter bedah tulang yang menangani anda dan juga konsultasi dengan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi (SP.KFR) untuk memastikan terapi rehabilitasi yang tepat bagi pemulihan kondisi lengan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Latihan Gerak Setelah Patah Tulang, Bagaimana Caranya?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang Tangan dan Tak Kunjung Bisa Bergerak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.