• Assalamu’alaikum.

    Dokter, umur saya 20 tahun dan saya belum menikah, di p4yud4r4 saya kelihatan garis merah seperti stretch mark. Tetapi tidak sakit dan tidak ada benjolan.

    Apakah normal atau tidak dok? Terima kasih dok.

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama –tama yang harus dipastikan apakah benar tanda merah pada payudara anda adalah stretch mark ataukah karena sebab lainnya. Stretch mark adalah guratan pada kulit yang muncul akibat kulit yang mengalami peregangan dimana peregangan yang terjadi lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit. Stretch mark bisa terjadi pada beberapa area tubuh terutama pada perut, payudara, lengan, pantat dan paha.

    Ada beberapa keadaan yang menyebabkan terjadinya stretch mark yakni pada saat kehamilan atau pada saat terjadi peningkatan berat badan secara drastis. Selain itu stretch mark bisa terjadi karena faktor genetik hingga karena garukan yang terlalu kuat pada kulit terutama saat menstruasi.  Stretch mark juga tidak harus terjadi pada perempuan yang sudah menikah, banyak remaja juga yang mengalami hal ini. Awalnya stretch mark yang timbul berwarna merah muda lalu lama-kelamaan akan berubah menjadi putih atau abu-abu. Stretch mark yang masih berwarna kemerahan cenderung lebih mudah diatasi daripada stretch mark yang berwarna putih. Silakan anda periksakan langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Selulit : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Normal Jika Ada Stretch Mark pada P4yud4r4?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.