• Novitasari

    Dokter saya mau tanya. Payudara sebelah kiri bagian atas kalau saya bedakan dengan yang kanan terasa ada yang mengeras dan terasa sakit hilang timbul apalagi pada saat menjelang menstruasi terasa sakit dan menjalar ke ketiak sakitnya hilang timbul. Kadang terasa seperti menusuk sesaat.

    Ini kurang lebih saya merasakannya sudah 6 bulan dan mnurut saya sedikit sedikit semakin sering nyeri danterasa mengeras di bagian atas tadi saya tidak yakin semakin besar atau tidak yg jelas mengerasnya itu masih ada. Bulan kemarin juga saya menstruasi 1 minggu, kemudian bersih 1 minggu, kemudian menstruasi lagi.

    Setelah itu sudah 2 minggu lebih ini saya bersih dan spertinya saya sudah terasa mau haid lagi. Tidak teratur baru kali ini. Sebelumnya siklus haid saya panjang sekarang kok pendek sekali. Jadi itu keluhan saya Dok. Sebenarnya apa yg menyebabkan keadaan saya begini. Kelelahan stress kah? (Memang semenjak saya sibuk belajar) atau ada faktor lain. Dan sebenarnya apa yang sedang saya alami ini Dokter? Terimakasih, mohon petunjuk dan solusinya.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang nyeri pada payudara dan payudara teraba keras. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri pada payudara dan payudara keras bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan karakteristik keluhan yang anda alami misalnya apakah rasa nyeri juga disertai bengkak pada payudara, kemerahan, adanya nanah dan lain sebagainya. Apakah terdapat riwayat konsumsi KB hormonal, riwayat menyusui dan lain sebagainya. Hal – hal ini penting untuk digali guna menyingkirkan kemungkinan penyebab keluhan.

    Penyebab keluhan nyeri payudara bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    • Efek samping penggunaan KB hormonal bisa menyebabkan rasa nyeri di payudara.
    • Infeksi pada kelenjar payudara atau biasa disebut mastitis. Gejala yang dialami berupa rasa nyeri pada payudara, kemerahan, bengkak dan bisa keluar nanah.
    • Trauma atau benturan pada payudara juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara dan bisa juga disertai memar.
    • Tumor payudara terutama tumor ganas bisa menyebabkan keluhan nyeri pada payudara.
    • Menjelang menstruasi ataupun saat hamil payudara biasanya juga akan menegang sehingga teraba keras dan sedikit nyeri.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan konsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis penyakitnya. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Penyebab Payudara Sakit dan Cara Mengatasi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Payudara Kiri Atas Teraba Keras

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.