• Selamat pagi dok.
    Saya ingin menanyakan bagaimanakah cara yang baik untuk membersihkan kotoran telinga? Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kotoran telinga atau dalam istilah medis disebut sebagai serumen sebenarnya merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh guna mencegh masuknya benda asing seperti debu, serangga dan lain sebagainya ke dalam telinga. Hal ini disebabkan karena serumen yang berbentuk seperti cairan lilin yang lengket dan terasa pahit. Selain itu serumen juga berfungsi melapisi kulit liang telinga dan melicinkannya sehingga tidak mudah iritasi. Namun kadang serumen mengalami penggumpalan dan mengeras sehingga menyumbat liang telinga. Serumen ini disebut juga dengan serumen prop.

    Serumen yang mengeras atau serumen prop sebaiknya harus dikeluarkan namun proses pengeluaran tidak boleh sembarangan sehingga sebaiknya pasien memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar bisa dilakukan tindakan pengeluaran serumen tersebut. Namun jika serumen belum terlalu keras ada beberapa upaya yang bisa dilakukan yakni:

    • Menggunakan obat tetes yang berfungsi melunakkan serumen seperti gliserin. Obat ini dapat melembutkan serumen sehingga lebih mudah dikeluarkan dengan menggunakan cotton buds.
    • Mengambil serumen dengan pinset khusus.

    Sebaiknya saat membersihkan telinga, alat yang digunakan khususnya cotton buds tidak dimasukkan terlalu dalam karena dapat merusak bagian telinga yang lebih dalam.

    Cara Sehat Membersihkan Kotoran Telinga

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimanakah Cara yang Baik untuk Membersihkan Kotoran Telinga?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.