• tri.septiani

    Dok saya mau tanya apa bisa pembukaan kelahiran menutup lagi, saat kehamilan 37 minggu saya mengalami kontraksi saat di periksa ternyata sudah masuk pembukaan 2 maju ke 3 tapi selang waktu 2 hari saya periksa ke bidan lagi ternyata pembukaan nya menutup lagi?

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang tahapan persalinan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Lazimnya pembukaan persalinan akan terus bertambah maju namun memang kecepatannya kadang tidak bisa diprediksi apalagi pada persalinan anak pertama.

    Dengan kata lain sebenarnya sangat tak umum jika pembukaan malah semakin mengecil, yang ada hanyalah pembukaan yang tidak maju atau tidak bertambah.

    Saran saya adalah anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan sehingga kemungkinan besar penilaian / pemeriksaan menjadi lebih akurat.

    Sebagai informasi untuk anda, pada saat waktunya persalinan maka rahim akan melakukan serangkaian proses awal dimana kepala bayi akan mengalami penurunan, kontraksi yang akan semakin sering, dan serviks mengalami perlunakan. Perlunakan serviks terjadi mendekati waktu persalinan.

    Keadaan ini menunjukkan bahwa rahim sudah siap untuk melakukan persalinan. Perlunakan serviks ini akan diikuti dengan terjadinya pembukaan mulut rahim dimulai dari pembukaan 1 sampai pembukaan lengkap (pembukaan 10).

    Silakan baca artikel berikut:

    Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Bisa Pembukaan pada Proses Bersalin Menutup Lagi?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.