• Selamat malam dok, saya mempunyai bayi baru 1 bulan 1 hari, nah sudah 5 hari anak saya batuk da pilek (flu), terdengar bunyi “grok-grok”.

    Pada saat batuk pun keluar BAB sedikit, saya sudah olesi balsam bayi (Transpulmin bb) masih belum ada penurunan bunyi nafasnya.

    Rencananya saya pingin beri obat tetes hidung dan disedot itu bahaya atau tidak, sebagai orang tua baru apa yang harus saya lakukan? mohon jawabannya dan terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk pilek bisa dialami semua usia baik dari bayi hingga lansia. Bayi cenderung mudah sekali mengalami keluhan batuk pilek karena daya tahan tubuhnya yang masih rendah dan belum berkembang sempurna apalagi pada bayi yang baru lahir. Pada umumnya keluhan batuk pilek pada bayi terjadi karena penularan oleh orang-orang di sekitarnya yang sedang sakit atau bisa juga karena kurang dijaganya kebersihan di sekitar bayi.

    Upaya pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi batuk pilek pada bayi tergantung dari berat ringannya keluhan, penyebab infeksi, hingga durasi berlangsungnya keluhan. Jika keluhan batuk pilek kurang dari 3 hari sebenarnya tidak perlu pengobatan khusus. Namun jika sudah lebih dari 3 hari maka perlu diberikan obat – obatan. Namun alangkah baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan keadaan bayi anda mulai dari tingkat keparahan penyakit hingga penyebabnya. Pengobatan yang diberikan berbeda tergantung penyebab keluhan. Untuk itu silakan kunjungi dokter terdekat di daerah anda. Sebaiknya jangan menggunakan obat – obatan tanpa petunjuk dokter apalagi anak anda masih berusia sangat muda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Mengatasi Batuk Pilek pada Bayi


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pananganan Bayi 1 Bulan Batuk Pilek

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.