• Dok, saya sudah konsultasi ke dokter praktek terkait sakit yang sering saya rasakan di perut kanan atas, diagnosa dokter adalah batu empedu. untuk penanganannya sendiri apakah harus dengan tindakan operasi atau ada alternatif  lainnya dok?

    Dan sebetulnya penyebab batu empedu itu apa?

    Tetimakasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut sangat umum dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus.

    Salah satu penyebab nyeri perut kanan atas adalah batu empedu atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai kolelitiasis. Penyakit ini seringkali disertai dengan peradangan pada empedu atau yang disebut dengan kolesistitis. Keluhan yang dialami akibat batu empedu adalah nyeri perut kanan atas. Selain itu bisa juga disertai keluhan mual, muntah dan lain sebagainya. Hal ini akan diperberat jika pasien juga mengalami kolesistitis.

    Pengobatan kolelitiasis ada beberapa pilihan antara lain terapi medikamentosa berupa obat – obatan untuk menghancurkan batu dan juga obat simptomatik untuk meredakan gejala. Namun juga bisa dilakukan tindakan operatif baik dengan laparotomi, bedah laser dan lain sebagainya. Hal ini tergantung dari ukuran batu, tingkat keparahan, usia pasien dan lain sebagainya. Untuk memastikannya silakan anda konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Batu Empedu – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Penanganan Penyakit Batu Empedu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.