• prita

    Sore dokter,

    saya menstruasinya bisa dibilang teratur. Januari 2018 mens tgl 18, Februari 2018 mens tanggal 20, Maret 2018 mens tanggal 24. Rata-rata mens dari fleks hingga akhir 7 hari.

    saya menilah bulan Maret 2018. Di bulan April 2018 saya menstruasi tanggal 29 (pertama kali mens setelah menikah) namun saya hanya mens 3 hari, hari ke 4 sudah bersih.

    Berdasarkan aplikasi masa subur saya tanggal 9-14 Mei (karena mens hanya 3 hari). Di masa subur, saya melakukan hubungan suami istri, puncak masa subur tanggal 13 Mei 2018.

    Tanggal 17 Mei 2018 saya keluar flek yang kemudian darah seperti menstruasi (berwarna merah terang, tidak gelap, sepeti lebih encer, jumlahnya mungkin setengah dari darah mens biasanya). Pendarahan ini berlangsung hinggal tanggal 18 Mei 2018. Tanggal 19 Mei nya pendarahan tidak banyak, seperti beberapa tetes saja. Tanggal 20 Mei 2018 (hari keempat) sudah bersih. Pada tanggal 19-20 Mei tersebut saya libur kerja, jadi hanya di rumah saja.

    kemudian tanggal 21 Mei 2018 sebelum tengah hari, ternyata saya ada flek kecokelatan dan seperti ada sedikit darah. Sorenya ada lagi beberapa tetes darah merah terang (bukan seperti darah mens yang gelap)

     

    Mohon petunjuknya dok, apa yang sedang saya alami. Apakah ini proses kehamilan atau bukan? Berapa lama pendarahan akan terus berlangsung? Apa yang harus saya lakukan karena ini hal pertama bagi saya?

     

    Terima kasih dokter

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan mens tidak teratur. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya keluhan mengenai terlambat haid sudah sangat banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Penyebabnya beraneka ragam. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1. Stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab.
    3. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    6. Kehamilan
    7. KB hormonal terutama KB suntik 3 bulan. Pada beberapa wanita pengguna KB suntik 1 bulan juga bisa mengalami keluhan yang sama.
    8. Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens
    9. Dan lain sebagainya

    Untuk membantu menentukan kehamilan anda juga bisa melakukan pemeriksaan tes pack. Jika keluhan berlanjut maka silakan berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis keluhan anda.

    Perbedaan Darah Haid dan Darah Awal Kehamilan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter PENDARAHAN SETELAH MASA OVULASI

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.