• Selamat sore dok,

    Terimakasih atas waktu yang dokter berikan

    Seperti judul yang saya tulis diatas, mungkin ini keluhan saya.

    Dalam beberapa tahun ini saya menjadi mendadak susah dalam berkomunikasi, kadang harus mencari kata dulu untuk hanya berbicara biasa, atau menjawab lawan bicara kita,,  malah kadang sering tidak pas atau kurang nyambung, yang membuat semangat lawan bicara saya menjadi menurun

    Apakah Ad kerusakan diotak sy,  mohon petunjuk dn solusi dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bicara tidak nyambung. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Perlu anda ketahui bahwa penyebab bicara tidak nyambung sangat banyak sekali, bisa karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Pertama – tama yang harus dicari tahu adalah sejauh apa keluhan bicara tidak nyambung itu terjadi. Hal ini perlu dipastikan dengan melakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Penyebab keluhan bicara tidak nyambung dan sulitnya menentukan kata yang tepat bisa karena beberapa hal antara lain:

    • Adanya gangguan pada otak misalnya karena stroke, tumor otak, cedera otak.
    • Gangguan persarafan
    • Faktor psikosomatis. Artinya masalah terjadi karena gangguan psikis pasien dan bukanlah pada jasmani pasien. Jadi saat dilakukan pemeriksaan, kondisi fisik pasien normal. Pada kasus ini biasanya pasien mengalami keluhan bicara tidak nyambung dan sulitnya menentukan kata terjadi karena rasa gugup berlebihan, rasa tidak ingin terlihat bodoh dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan pasien terlalu banyak berpikir dan malah akan membuatnya semakin sulit untuk berkomunikasi.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Terapi tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter khususnya dokter spesiali.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pendengaran yang Berkurang Apa Penyebab Nya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.