• Selamat malam Dok, mau tanya dong apakah keloid akan tumbuh apabila saya selesai operasi Amandel? Mohon pencerahan nya. Terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keloid pasca operasi amandel.

    Amandel yang membengkak akibat infeksi atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai tonsiltis sebagian besar terjadi karena infeksi virus. Meskipun dalam beberapa kasus bisa juga terjadi karena infeksi bakteri.

    Tonsilitis bisa bersifat akut maupun kronis. Tonsilitis akut biasanya akan menyebabkan keluhan nyeri saat menelan sedangkan pada tonsilitis kronis tidak ada keluhan nyeri menelan.

    Adanya bercak putih pada tonsil yang membengkak bisa terjadi karena detritus atau adanya kumpulan dari bakteri, leukosit dan juga epitel yang mengalami pelepasan.

    Pengobatan tonsilitis ada berbagai macam mulai dari pemberian obat – obatan hingga tindakan operasi. Tidak semua pembesaran amandel langsung dilakukan tindakan operatif.

    Operasi amandel dilakukan pada tonsilitis yang sudah sangat besar hingga menutupi jalan napas. Pasca operasi amandel tidak akan tumbuh keloid pada luka bekas operasi.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Tonsilitis – Radang Amandel

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pengaruh Keloid untuk Operasi Amandel

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.