• Dok, saya berusia 25 tahun dan akan menikah pada september 2017 mendatang. Namun saya mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Semenjak November 2016 saya belum menstruasi, hingga februari 2017 kemarin.

    Saya sudah periksa ke dokter dan diberi pil KB. Setelah minum pil KB dan santa-e say menstruasi. Lalu bulan berikutnya saya diberi obat lagi regummen kalau tidak salah namanya dan santa e lg. Kemudian menstruasi lagi.

    Memang dari dulu siklus menstruasi saya tidak teratur. Pertanyaan saya apakah saya tetap bisa hamil setelah menggunakan pil kb tersebut? Karena banyak orang bilang apabila sudah minum pil kb tidak bisa hamil. Sedangkan saya akan menikah di bulan september ini. Mohon dijawab ya dok. Terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pil KB selain berfungsi untuk mencegah kehamilan juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun selain bermanfaat, pil KB juga memiliki efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan pil KB yaitu antara lain:

    • Efek karena kelebihan estrogen berupa mual, penumpukan cairan, sakit kepala, nyeri pada payudara, dan keputihan. Rasa mual yang muncul bisa disertai muntah, diare dan perut kembung.  Retensi cairan menyebabkan bertambahnya berat badan. Efek samping lainnya yang bisa muncul adalah hipertensi atau meningkatnya tekanan darah.
    • Efek karena kelebihan progesteron, antara lain menyebabkan perdarahan yang tidak teratur, nafsu makan dan berat badan bertambah, jerawat, rambut rontok hingga kebotakan, keputihan, hingga menstruasi sedikit atau tidak mens.

    Pil KB memang berfungsi untuk mencegah kehamilan namun jika pil ini dihentikan penggunaannya maka proteksi terhadap kehamilan akan hilang sehingga anda tak perlu khawatir untuk merencanakan kehamilan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Apa Efek Samping Pil KB Jangka Panjang?

    Cara Benar Minum Pil KB

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Pengaruh Pil KB pada Kesuburan Wanita?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.