• Selamat siang dok.

    Saya menggunakan pil KB yasmin isi 21 pil. Saya mulai meminum sejak hari pertama haid sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan. Setelah 21 pil habis, ada jeda 7 hari sebelum memulai kemasan yang baru. Pertanyaan saya dok, jika hubungan suami istri pada saat jeda tidak meminum pil (hari ke 22 sampai 28) apakah dapat terjadi kehamilan? Mohon jawabannya. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pada prinsipnya jika anda meminum pil KB sesuai aturan yang tertera di kemasan maka keefektifan pil KB tersebut akan terjaga atau dengan kata lain kemungkinan untuk hamil akan ditekan serendah – rendahnya. Sebagai informasi bagi anda, selain memiliki manfaat yang sangat baik karena berfungsi melindungi agar seorang wanita tidak hamil, namun alat kontrasepsi juga memiliki efek samping bagi penggunanya terutama untuk penggunaan KB hormonal.

    Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan pil KB yaitu antara lain:

    • Efek karena kelebihan estrogen berupa mual, penumpukan cairan, sakit kepala, nyeri pada payudara, dan keputihan. Rasa mual yang muncul bisa disertai muntah, diare dan perut kembung.  Retensi cairan menyebabkan bertambahnya berat badan. Efek samping lainnya yang bisa muncul adalah hipertensi atau meningkatnya tekanan darah.
    • Efek karena kelebihan progesteron, antara lain menyebabkan perdarahan yang tidak teratur, nafsu makan dan berat badan bertambah, jerawat, rambut rontok hingga kebotakan, keputihan, hingga menstruasi sedikit atau tidak mens.

    Silakan baca artikel berikut:

    Apa Efek Samping Pil KB Jangka Panjang?

    Cara Benar Minum Pil KB

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter HB Saat Jeda Minum Pil KB, Apa Bisa Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.