• bayu p

    Tanggal 20 Jan 18, saya memeriksakan mata kanan saya ke dokter spesialis mata, karena beberapa hari sebelumnya mata saya perih dengan kondisi mata memerah.

    Pada saat diperiksa penglihatan saya masih normal, walaupun rasanya masih sakit. Dari dokter dikatakan bahwa mata saya terkena iritasi, dan saya diberi obat tetes.

    3 atau 4 hari kemudian kondisi mata mulai membaik, perih sudah mulai hilang dan sudah tidak merah lagi, namun untuk melihat terasa kabur/ngeblur, terlebih lagi untuk membaca tulisan. sampai saya tulis konsultasi ini (tanggal 29 Jan 18) penglihatan saya masih kabur/ngeblur.

    Pertanyaan saya:

    Apakah kondisi ini wajar karena masih menggunakan obat tetes tersebut/masih belum sembuh total? ataukah ada penyebab lain? dan bagaimana yang sebaiknya saya lakukan?

     

    Terimakasih

    Salam,

    Bayu

     

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang mata merah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan mata merah bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain sebagai berikut:

    • Iritasi pada mata akibat terkena debu, asap kendaraan bermotor dan lain sebagainya
    • Konjungtivitis atau infeksi pada konjungtiva bisa menyebabkan keluhan mata merah disertai keluhan lainnya misal mata berair, timbulnya belek, perih pada mata, mata terasa berpasir/ seperti kelilipan, hingga rasa tak nyaman pada mata. Tidak ada keluhan penurunan penglihatan pada penyakit ini. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya.
    • Keratitis atau infeksi pada kornea. Keluhan yang muncul bisa berupa mata merah, dan gejala mirip konjuntivitis . Namun disertai juga dengan keluhan penurunan penglihatan. Keratitis bisa terjadi bersamaan dengan konjungtivitis sehingga disebut keratokonjungtivitis.
    • Penyebab lainnya

    Perlu dipastikan apakah keluhan mata merah dan mata kabur yang anda alami benar – benar berasal dari salah satu penyebab di atas atau karena sebab lainnya.

    Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang jika memang dibutuhkan. Terapi tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    12 Penyebab Mata Pedih, Merah, dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penglihatan Kabur Setelah Sakit Mata (merah)

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.