• cahyo

    <p style=”text-align: left;”>Salam</p>
    dok saya seorang penderita hiv yang sudah aktif pengobatan ARV selama 6 bulan lebih , tapi 3 hari yang lalu saya terkena cacar api , saya tidak pergi ke dokter saya cuma tanya teman saya seorang perawat dia bilang cukup minum acyclofir 400mg 3x sehari dan oles salep acyclofir saja ,. apakah pengobatan saya sudah benar (saya tidak memberi tahu teman saya bahwa saya HIV+) trimakasih dok jawaban anda sangat membantu

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan cacar api. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Cacar api dalam istilah kedokteran disebut dengan herpes zoster. Herpes zoster merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sama dengan cacar air yakni infeksi virus varicella herpes zoster. Gejala klinis  yang muncul berupa munculnya ruam yang tampak melepuh disertai keluhan nyeri, gatal ataupun kesemutan pada bagian tubuh yang mengalami ruam tersebut. Keluhan kulit biasanya hanya muncul pada satu sisi tubuh saja. Keluhan ini biasanya didahului oleh demam, meriang, dan badan pegal – pegal. Perlu dipastikan apakah benar yang anda alami saat ini adalah herpes zoster ataukah karena sebab lainnya.

    Herpes zoster bisa berulang terjadi jika anda mengalami infeksi virus yang sama. Pengobatan yang diberikan biasanya hanya terapi simptomatik untuk mengurangi gejala. Jika pasien merasa demam ataupun merasa nyeri di daerah lesi, maka dapat diberikan paracetamol untuk mengatasi keluhan tersebut. Jika pasien merasakan gatal di daerah lesi, maka dapat diberikan obat anti histamin untuk mengurangi nyeri. Obat antivirus dapat diberikan dalam bentuk obat minum berupa acyclovir 5×800 mg. Untuk pengobatan topikal dapat diberikan krim acyclovir.

    Berhubung saat ini anda sedang mengalami HIV AIDS ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda. Sebab pengobatan yang tidak adekuat dapat menyebabkan pertumbuhan virus menjadi sangat hebat pada orang – orang dengan sistem imun rendah seperti penderita HIV AIDS.

    Herpes Zoster

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pengobatan Cacar Api Bagi Penderita Hiv

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.