• Dok, apa yang harus saya lakukan jika saya terkena HIV/AIDS dan saya juga terkena penyakit herpes? Terima kasih. Hehehehe

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebagai informasi untuk anda, penyakit herpes ada 2 jenis yakni herpes zoster dan juga herpes simpleks. Herpes zoster disebabkan oleh herpes zoster virus dan herpes simpleks disebabkan oleh herpes simpleks virus. Gejala yang dialami oleh kedua penyakit ini berbeda. Pada herpes zoster bisa ditandai dengan bercak – bercak kecil bergerombol yang berisi air, terasa panas dan berwarna kemerahan pada kulit. Keluhan kulit ini bersifat asimetris di salah satu sisi tubuh saja. Awalnya keluhan herpes zoster ditandai dengan demam tinggi. Sedangkan herpes simpleks dibagi jadi tipe 1 dan 2. Kedua penyakit ini diberi pengobatan dengan obat antivirus misalnya acyclovir.

    Penyakit virus ini sebenarnya bisa sembuh sendiri dan berkaitan dengan sistem imun tubuh. Semakin tinggi imunitas tubuh maka penyakit ini semakin mudah dan cepat sembuh. Namun sayangnya pada pasien HIV AIDS sistem imun tubuh sangat rendah sehingga membuat penyakit virus ini lebih mudah berkembang dan juga lebih sulit untuk sembuh. Ada baiknya anda konsultasi langsung dengan dokter untuk mendapat penanganan dan pengobatan yang tepat berdasarkan hasil pemeriksaan.

    Obat Herpes Kulit (Zoster), Bibir dan Kelamin (Simplex)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pengobatan Herpes pada Orang dengan HIV/AIDS

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.