• Ratu andira

    <p style=”text-align: center;”></p>

    <p style=”text-align: center;”>Ass. Dok saya mau bertanya. Teman saya menderita kusta terus saya sering sama-sama makan bahkan 1 gelas berdua. Apakah itu bisa menular atau tidak ya dok ??</p>

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kusta atau morbus hansen. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Apalagi untuk penyakit morbus hansen atau kusta atau lepra. Penyakit  ini merupakan penyakit yang bisa menyerupai berbagai jenis penyakit kulit lainnya sehingga dijuluki sebagai the greatest imitator. Morbus hansen atau kusta bisa menyebabkan keluhan bercak putih ataupun bercak merah yang disertai keluhan rasa baal pada daerah tersebut.

    Penyakit kusta merupakan penyakit menular yang sangat tidak menular. Artinya penularannya sangat jarang sekali dan kemungkinan hanya terjadi pada orang – orang dengan sistem imun yang sangat rendah. Oleh karena itu anda jangan terlalu khawatir jika kontak dengan penderita kusta. Kontak langsung dengan penderita kusta seperti bersalaman, makan bersama tidak dapat menularkan kusta dengan begitu mudahnya. Namun untuk meyakinkannya anda dapat memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter jika menemui keluhan seperti yang saya sampaikan di atas.

    Pengobatan kusta memang cukup sulit karena obat harus diminum jangka panjang dengan teratur dan tidak boleh terputus. Karena dapat menyebabkan kegagalan pengobatan. Selain itu, meskipun obat sudah diminum teratur pun bisa saja penyakit belum hilang sepenuhnya. Sehingga ada baiknya pasien selalu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menghentikan pengobatannya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyakit Kusta (Lepra)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penularan Kusta

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.