• Dok, setiap malam hidung saya mampet, meler, dan sering bersin-bersin. Ketika bangun tidur juga sering bersin-bersin namun dari siang sampai sore tidak ada keluhan dok. Apakah saya alergi dingin atau debu dok? Saya sudah berobat dan kata dokter saya alergi dingin. Tetapi anehnya saya tidak merasa gatal-gatal di kulit. Bagaimana ya dok cari menyembuhkan penyakit saya?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan  bersin – bersin dan hidung meler bisa terjadi karena adanya infeksi saluran napas atas atau lebih tepatnya rinitis (peradangan pada rongga hidung). Penyebabnya bisa karena infeksi hingga karena alergi. Salah satu penyebab tersering adalah karena rinitis alergi. Penyakit ini memiliki gejala antara lain sering bersing misalnya jika terkena debu, saat udara dingin (misal saat hujan, pagi dan malam hari), keluar ingus berwarna bening dan encer. Selain itu bisa juga disertai mata terasa gatal, hidung terasa gatal, dan juga sakit kepala. Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan, memang kemungkinan anda mengalami hal ini meskipun kemungkinan lain masih belum bisa disingkirkan. Oleh karena itu harus dipastikan secara langsung dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang untuk menegakkan diagnosisnya.

    Alergi dengan gejala klinis pada hidung tidak harus disertai dengan gejala klinis pula pada kulit. Namun pada beberapa orang dengan riwayat alergi kadang bisa muncul di kedua bagian tersebut. Jika penyebabnya karena rinitis alergi, maka penanganan terbaik adalah dengan menghindari faktor alergen. Selain itu, bisa diberikan obat simptomatik untuk mengatasi gejala. Namun sebaiknya anda konsultasi langsung dengan dokter untuk mendapat penanganan terbaik.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Rinitis Alergi – Pilek, Bersin Alergi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Alergi Dingin?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.