• Dok saya dina, saya mau bertanya. Bulan lalu saya halangannya maju dari tanggal sebelumnya dan lama halangannya tidak seperti halangan biasa. Pada akhir bulan saya halangan tapi hanya dua hari saja. Seminggu kemudian saya merasakan kram di perut sebelah kiri, punggung, selangkangan hingga paha seperti mau halangan tapi ternyata tidak.

    Saya juga sempat telat makan, sejak itu saya mulai bersendawa dan tetap merasakan kram di perut bagian kiri bawah. Setelah beberapa hari, zona sakitnya berpindah terkadang di sekitar perut bawah bagian kiri, terkadang ke punggung dan pinggang. Sempat muncul seperti keputihan tetapi agak sedikit berlendir dan munculnya tidak setiap hari.

    Semakin lama saya semakin sering bersendawa, dan kentut. saya juga merasakan perut saya membuncit dari biasanya. Sempat beberapa kali saya Buang air besar, muncul seperti lendir. Pada saat ini saya merasakan seperti ada angin berputar di perut dan seperti tertekan.

    Apa penyebab hal tersebut? Apakah itu salah satu ciri hamil dok ? Jika bukan bagaimana mengatasinya?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan yang anda alami kemungkinan berasal dari gangguan pada lambung akibat  asam lambung yang meningkat atau biasa disebut dispepsia. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati, sendawa, perut membesar akibat kembung dan lain sebagainya. Pada beberapa kasus pasien juga mengalami diare akibat peningkatan  Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan:

    • Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi).
    • Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).

    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Untuk mengetehui adanya kehamilan tidak bisa hanya berdasarkan keluhan telat mens dan gejala lain yang anda alami. Perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan misalnya dengan USG kehamilan.

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih dokter atas jawabannya..

    dokter saya mau bertanya beberapa pertanyaan lebih lanjut. Pertanyaan pertama : apakah itu bisa dikategorikan dispepsia? karena gejala yang saya miliki dalam sehari saya bisa bersendawa dan kentut lebih dari 20 kali tetapi tidak ada diiringi mual – mual, muntah, nyeri ulu hati. Apakah tidak ada hubungannya dengan penyakit yang berhubungan dgn alat reproduksi dok? karena pada awalnya itu dimulai dengan sakit di perut sebelah kiri. ketika sakit disisi perut kiri hilang, baru saya mengalami bersendawa dan kentut lebih dari 20 kali dalam sehari. kemudian setelah dua hari ini setelah saya perhatikan, saya hanya mengalami bersendawa dan kentut berkali-kali setelah saya makan.
    pertanyaan selanjutnya dok, apakah perut buncit akibat dispepsia ini bisa hilang dok? karena perut saya membuncit di sisi atas dan bagian perut bawah. hal tersebut membuat tidak nyaman terhadap penampilan saya dok. terus apakah mengenakan celana yang ketat bagi penderita dispepsia ini akan membuat perut terasa tertahan dan membuat semakin sering kentut dan bersendawa?

Beranda Tanya Dokter Perut Buncit, Sering Bersendawa dan Kentut, Penyakit Apa?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.