• Selamat Pagi dok, saya laki laki umur 15 tahun. Saya baru terkena cacar air. Penyebaran cacar air ini sampai ke seluruh tubuh. Sampai kemaluan saya ada 2 bintik-bintik menonjol. Apakah bintik-bintik tersebut merupakan penyakit cacar air atau penyakit kelamin lainnya?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cacar air merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit ini sebenarnya bersifat self limiting disease artinya dapat sembuh dengan sendirinya asalkan daya tahan tubuh pasien baik. Gejala yang muncul akibat varicella antara lain:

    • Demam tinggi mendadak. Keluhan demam biasanya muncul sebelum munculnya ruam.
    • Badan terasa pegal – pegal dan lemas pada tahap awal infeksi
    • Keluar ruam – ruam kemerahan pada kulit yang kemudian berubah menjadi lenting berisi air yang menyebar. Biasanya lenting berisi air ini keluar pertama kali di bagian punggung kemudian menyebar ke bagian badan lainnya. Lenting air ini nampak seperti tetesan embun. Lenting air ini lama kelamaan akan berubah menjadi keropeng berwarna hitam yang nantinya akan mengelupas.

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lenting berisi air ini bisa ditemukan di seluruh bagian tubuh termasuk di genitalia. Untuk memastikan penyebab keluhan anda benar karena cacar air atau karena penyakit lainnya perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung dan detail oleh dokter sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan untuk penyakit cacar air pada umumnya berupa terapi simptomatik untuk mengurangi gejala yang muncul.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengenal Gejala dan Ciri-ciri Cacar Air

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Penyakit Cacar Air Sampai Kelamin?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.