• Salam dokter,

    Tangan ayah saya mengalami pembekakan, setelah konsultasi dengan dokter, dokter mengatakan tangan ayah saya terkena infeksi.

    Sekarang bengkaknya sudah tidak terlalu besar namun menyisakan bengkak seperti bisul (namun tidak ada matanya). Sekarang sudah hampir 5hari namun tidak pecah, lalu ayah konsultasi kembali dgn dokter disebuah poliklinik dan mendiagnosis ayah saya dengan sebuatan Cellulitis of other parts of limb, dan memberi surat rujukan ke rumah sakit untuk dibedah.

    Disatu sisi ayah saya takut untuk dibedah, dan saat dicek ternyata darah ayah saya tinggi (150/8).

    Yang saya ingin tanyakan, apakah penyakit itu harus dibedah? Ataukan ada obat lain atau cara lain untuk menghilangkan pembekakan seperti bisul tersebut?

    terimakasih dokter.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf dalam forum ini kami tidak dapat menentukan terapi terbaik bagi kondisi anda karena tiap dokter perlu melakukan pemeriksaan secara langsung kepada pasien mulai dari penggalian informasi secara detail dari keluhan pasien, pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan guna menentukan diagnosis dari keluhan pasien serta menentukan terapi terbaik sesuai kondisi pasien saat  dilakukan pemeriksaan. Namun dalam forum ini saya akan membantu menjelaskan kepada anda mengenai apa sebenarnya selulitis itu.

    Selulitis merupakan infeksi pada kulit dan juga jaringan lunak di bawah kulit yang ditandai oleh beberapa gejala berupa kemerahan pada kulit (umumnya bisa meluas), bengkak, rasa nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening di area yang terkena hingga keluhan demam. Infeksi ini bisa ringan hingga berat yang akan mempengaruhi pilihan terapi yang akan diberikan. Jika infeksi ringan biasanya dapat dilakukan rawat jalan dengan pemberian antibiotik yang sesuai. Namun jika infeksi cukup berat maka perlu diberikan antibiotik suntik hingga tindakan operatif bagi pasien yang memerlukan perawatan inap di rumah sakit.

    Untuk menentukan terapi terbaik dan alasan pemberian terapi tersebut ada baiknya anda konsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Selulitis (Infeksi Kulit) : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Cellulitis of The Other Parts of Limb

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.