• Assalamu’alaikum. Dok saya mau tanya, untuk seseorang yang mempunyai penyakit jantung, misalnya gagal jangung. Apakah seseorang tersebut mempunyai maksimal denyut jantung per menit?

    Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti karena organ ini merupakan organ vital yang mengendalikan tubuh manusia. Sebenarnya ada banyak jenis penyakit jantung misalnya karena gangguan irama jantung (aritmia jantung), penyakit jantung koroner (adanya sumbatan pada pembuluh darah jantung), hingga gagal jantung. Gagal jantung merupakan ketidakmampuan otot jantung untuk memompa darah secara normal ke seluruh tubuh. Penyebab gagal jantung sangat banyak dan biasanya penyakit ini terjadi merupakan kompensasi akhir dari adanya gangguan pada organ lain baik jantung sendiri, paru dan lain sebagainya.

    Sebenarnya yang perlu diperhatikan pada orang gagal jantung bukanlah hanya sekedar frekuensi denyut jantung maksimal namun juga bagaimana intensitas organ ini dalam memompa darah. Jadi sebenarnya tidak ada batas maksimal khusus denyut jantung pada orang dengan gagal jantung. Secara normal denyut jantung rata – rata adalah berkisar 60 – 100 kali per menit. Aktivitas fisik yang boleh dan tak boleh dilakukan pada orang dengan gagal jantung juga berbeda – beda tergantung derajat dari gagal jantung itu sendiri. Oleh karena itu sebaiknya memang dilakukan pemeriksaan secara intens oleh dokter untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan penyakit tersebut dialami oleh pasien dan setelah itu baru kita bisa menentukan terapi terbaik mulai dari obat – obatan, makanan hingga aktivitas fisik yang boleh dan tak boleh dilakukan.

    CHF (Congestive Heart Failure) Gagal Jantung Kongestif

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Maksimal Denyut Jantung Permenit pada Penderita Sakit Jantung?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.