• Dok saya mau bertanya.
    Saya sudah mengidap penyakit panu bertahun-tahun tapi tidak sembuh total padahal sudah diberi obat oral maupun salep, cuma hilang sebentar kemudian tumbuh lagi.
    Mohon beri saran pengobatan supaya sembuh total. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Oleh karena itu harus dipastikan apakah benar yang anda alami adalah panu atau karena sebab lainnya. Sebagai informasi untuk anda, penyebab bercak putih pada tubuh bisa karena berbagai macam hal, antara lain karena:

    • Tinea versikolor atau dalam istilah awam disebut panu merupakan salah satu penyebab keluhan bercak putih yang paling sering. Penyebabnya karena jamur. Jika karena panu maka biasanya akan disertai rasa gatal.
    • Pitiriasis alba merupakan penyakit kulit dengan keluhan bercak putih yang tidak terasa gatal. Penyebab pastinya belum jelas, namun sering dikaitkan dengan sinar matahari yang terus menerus mengenai kulit. Penyakit ini seringkali disalah asumsikan sebagai panu.
    • Morbus hansen atau kusta juga menyebabkan keluhan bercak putih yang disertai keluhan rasa baal pada daerah bercak putih tersebut. Penyakit ini bisa menyerupai banyak penyakit kulit seperti panu.
    • Penyebab lainnya

    Jika yang anda alami memang benar karena panu, maka selain dengan obat – obatan maka anda juga harus menjaga higienitas diri misalnya dengan selalu mengganti pakaian terutama jika sudah lembab dan kotor, rutin mandi dua kali sehari, dilarang berganti pakaian ataupun handuk dengan orang lain termasuk keluarga sendiri, pilihlah pakaian yang menyerap keringat sehingga badan anda tidak mudah lembab. Selain itu perlu obat anti jamur yang dapat diberikan. Silakan konsultasi langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda jika memang keluhan tidak membaik dan sering berulang. Pengobatan anti jamur yang diberikan pada penderita panu yang berulang juga akan disesuaikan dengan kondisi klinis pasien dan juga riwayat terapinya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    15 Cara Ampuh Menghilangkan Panu dengan Cepat

    Penyebab Panu, Ciri-Ciri dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menyembuhkan Penyakit Panu yang Menahun?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.