• Selamat malam dok, saya mau bertanya.

    Saya terkena jamur (panu) sudah lama, sudah saya obati berkali-kali dengan bedak dan salep daktarin, tapi suka kambuh lagi atau kembali lagi. Padahal saya kerja di ruangan ber-AC, tapi karena terkena panas dikit langsung pada merah dan jadi panu lagi.

    Selain itu, saya juga rajin mandi dan sering ganti pakaian, handuk pun seminggu sekali saya ganti. Dan sekarang hampir sekujur badan penuh dengan panu. Saya pernah ke dokter umum, dan dia menyarankan untuk di kerok. Bagaimana menurut dokter solusinya agar sembuh total / hilang?

    Terima kasih.

     

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, perlu saya tanyakan terlebih dahulu. Apakah anda yakin keluhan yang anda alami adalah karena panu? Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bercak putih pada kulit yang anda alami. Penyebab keluhan ini ada beberapa hal antara lain karena:

    • Tinea versikolor merupakan salah satu penyebab keluhan bercak putih, biasanya terasa gatal. Penyakit ini disebut juga sebagai panu dan disebabkan oleh jamur.
    • Pitiriasis alba merupakan penyakit kulit dengan keluhan bercak putih yang tidak terasa gatal. Penyebab pastinya belum jelas, namun sering dikaitkan dengan sinar matahari yang terus menerus mengenai kulit.
    • Morbus hansen atau kusta juga menyebabkan keluhan bercak putih yang disertai keluhan rasa baal pada daerah bercak putih tersebut.
    • Vitiligo juga merupakan penyakit yang berhubungan dengan genetika yang menyebabkan keluhan bercak putih. Tidak ada keluhan gatal, baal atau keluhan lain yang menyertai.
    • Penyebab lainnya

    Pastikan dulu penyebabnya dengan pemeriksaan secara langsung ke dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda. Kerokan yang dimaksud oleh dokter umum tersebut berfungsi untuk melakukan pemeriksaan kulit yang bermasalah untuk menentukan ada tidaknya jamur penyebab dan jika terdapat jamur maka bisa dipastikan jenis jamurnya. Hal ini penting untuk menentukan langkah terapi mengingat keluhan yang anda alami sering berulang dan meluas. Sebab keluhan yang anda alami bisa sembuh atau tidak juga tergantung dari ketepatan pengobatan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Obat Jamur Kulit di Apotik Paling Ampuh (Krim & Tablet)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Panuan, Bagaimana Mengobatinya Sampai Tuntas?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.