• Assalamualaikum dok, saya Yuana. Saya ingin bertanya, ayah saya sekarang ini sedang menjalani pengobatan penyakit pneumonia. Usia ayah saya kini 60 tahun, sudah mengidap batuk-batuk selama sebulanan. Setelah diperiksa dan dirontgen, paru-paru ayah saya sebagian tertutup dengan cairan. Ayah saya baru menjalani pengobatan selama seminggu.

    Saya ingin menanyakan, mengapa setelah minum obat ayah saya selalu muntah-muntah dan perutnya tidak dapat diisi oleh apapun? Rasanya seperti dari paru-paru naik ke atas untuk semua dikeluarkan ke luar melalui mulut. Sering juga terasa sakit kepala yg amat berat. Mengapa ya dok ?Bagaimana caranya untuk menghentikan rasa sakit di kepala dan muntah-muntah? Serta bagaimana solusi terbaik untuk proses penyembuhan penyakit ayah saya dok? Terimakasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual – mual dan muntah sering dialami oleh beberapa individu. Biasanya keluhan ini terjadi disertai oleh gejala lainnya. Penyebab keluhan ini sangat banyak. Berdasarkan riwayat penyakit dan pengobatan yang anda sampaikan, maka kemungkinan yang terjadi pada ayah anda antara lain karena dispepsia atau gangguan lambung yang muncul akibat asam lambung yang meningkat. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati dan lain sebagainya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena pola makan tak teratur, efek samping obat (ada beberapa obat yang memiliki efek samping mual dan muntah misalnya obat penghilang nyeri, obat infeksi paru dan sebagainya).

    Begitu pula dengan keluhan sakit kepala. Keluhan ini bisa terkait dengan banyak hal termasuk akibat penyakit infeksi saluran napas yang dialami ayah anda atau karena sebab lainnya misal tekanan darah yang abnormal dan masih banyak lagi. Ada baiknya pasien memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhannya. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Jika karena obat – obatan yang digunakan maka bisa diatasi dengan penghentian obat kemudian diganti dengan jenis obat lainnya, pemberian obat anti muntah sebelum konsumsi obat paru, dan masih banyak lagi.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Mual Muntah dan Cara Mengatasinya


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Solusi Terbaik untuk Proses Penyembuhan Penyakit Paru-Paru Basah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.