• Thedragolee

    Yang ingin saya tanyakan adalah apakah penyakit penyumbatan empedu berbahaya?.. Dan bagaimana  cara mengobatinya serta makanan apa saja yang tidak boleh dimakan. Dan makanan  apa yang baik dimakan selagi kita mengalaminya..

    Selamat Pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan pada empedu. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Empedu merupakan salah satu organ dalam yang membantu melakukan metabolisme lemak dalam tubuh. Namun organ ini kadang dapat mengalami gangguan misalnya karena infeksi hingga adanya batu empedu. Gejala yang terjadi pada gangguan empedu yang utama adalah rasa nyeri di perut kanan atas. Selain itu bisa juga disertai keluhan mual, muntah dan lain sebagainya. Untuk kasus anda sebaiknya dipastikan apakah penyumbatan empedu yang anda alami adalah karena infeksi (kolesistitis) ataukah karena batu empedu (kolelitiasis) ataukah karena keduanya.

    Pengobatan kolesistitis berupa terapi medikamentosa dengan obat misalnya dengan obat antibiotik hingga obat simptomatik untuk mengurangi gejala nyeri dan mual. Pengobatan kolelitiasis ada beberapa pilihan antara lain terapi medikamentosa berupa obat – obatan untuk menghancurkan batu dan juga obat simptomatik untuk meredakan gejala. Namun juga bisa dilakukan tindakan operatif baik dengan laparotomi, bedah laser dan lain sebagainya. Hal ini tergantung dari ukuran batu, tingkat keparahan, usia pasien dan lain sebagainya. Untuk memastikannya silakan anda konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda. Untuk makanan yang dipantang bagi penderita gangguan empedu adalah makanan yang tinggi kolesterol dan karbohidrat.

    Batu Empedu – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Penyumbatan Empedu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.