• Assalamualaikum wr. Wb.

    Dok saya mau tanya istri saya dulu pernah terinfeksi TBC tapi sudah diobati dan sembuh, sekarang kami baru saja mendapatkan anak dok, yang mau saya tanyakan di rumah anak nenek dari istri yang selalu batuk dok, apakah itu merupakan gejala TBC juga?

    Yang saya takutkan bayi kami yang baru lahir tertular penyakit TB juga dok, mohon pencerahan dan solusinya.

    Terima kasih

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tuberkulosis (TBC) paru merupakan infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis yang mengenai parenkim paru. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya. Anggota keluarga yang pernah kontak dengan penderita TBC memang sebaiknya dilakukan skrining untuk memastikan ada tidaknya penularan. Pengobatan pasien yang baru pertama kali mengalami TBC paru adalah dengan minum obat antituberkulosis selama 6 bulan berturut – turut tanpa henti.

    Untuk memastikan apakah anggota keluarga anda lainnya sedang menderita TBC atau tidak silakan bawa anggota keluarga anda untuk diperiksakan ke dokter atau puskesmas terdekat. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikannya. Jika memang sedang terinfeksi TBC maka segera mulai pengobatan antituberkulosis dan anggota keluarga lainnya termasuk bayi anda bisa diberikan obat profilaksis untuk pencegahan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Bayi Tertular Penyakit TBC?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.