• aries

    Dokter,

    mau tanya anak yang di diagnosa TBC apakah perlu diproteksi kesehariannya dari segi makanan, pakaian dan lingkungannya?

    Dan apakah hasil sgot 44 (dari 35 angka normal) bisa dikatakan fungsi hati nya bermasalah?

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang TBC. Saya dr Dina Akan berusaha menjawabnya.

    Tuberkulosis (TBC) merupakan infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis yang dapat mengenai beberapa organ misalnya mengenai parenkim paru ataupun ekstra paru seperti kelenjar getah bening dan lain sebagainya. Sayangnya anda tidak menjelaskan organ mana yang terkena TBC. TBC paling sering mengenai paru. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.

    Pengobatan pasien yang baru pertama kali mengalami TBC paru adalah dengan minum obat antituberkulosis selama 6 bulan berturut – turut tanpa henti. Untuk makanan, pakaian penderita tidak ada yang harus dibatasi. Pasien perlu menjaga asupan makanan dengan nutrisi yang baik guna meningkatkan daya tahan tubuhnya. Namun ada baiknya orang yang tinggal dalam satu rumah dan sering kontak mendapatkan obat profilaksisnya.

    Silakan konsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengingat penatalaksanaan dan perawatan untuk TBC paru berbeda dengan TBC lainnya.

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit TBC pada Anak Umur 3-5 Thn

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.