• Nama saya enni..ibu rumah tangga saya punyak anak cowok umur 10th, tahun 2016 kemarin anak saya sakit usus buntu kata dokter karena ususnya bernanah dan pecah makannya anak saya dioperasi untuk ngebersihin.. yang saya tanyakan usus buntu bisa ada lagi apa tidak walau sudah operasi dan usus  yang rusak dipotong apa tidak soalnya saya tidak dikasih tahu sama dokter..terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Appendisitis atau infeksi pada usus buntu (appendiks) merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi kasusnya. Gejala yang muncul berupa nyeri pada perut kanan bawah. Rasa nyeri biasanya mulai dari bagian pusat kemudian akan terlokalisir pada bagian kanan bawah. Nyeri mulai terasa sebagai rasa nyeri ringan hingga keluhan sangat berat sehingga membatasi aktivitas pasien. Keluhan lain yang bisa menyertai pada penyakit appendisitis antara lain berupa demam ringan, mual, muntah hingga perut terasa kaku.

    Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk menegakkan diagnosis penyakit ini mulai dari pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan penunjang. Pengobatan appendisitis utamanya adalah dengan melakukan tindakan operasi appendiktomi (tindakan pembedahan untuk memotong usus buntu yang terinfeksi). Jika tindakan ini dilakukan maka penyakit ini tidak mungkin akan kambuh kembali karena usus buntu yang bermasalah sudah dihilangkan dan usus buntu ini tidak akan mungkin tumbuh kembali. Jika anda mengalami keluhan yang sama beberapa waktu kemudian maka kemungkinan sumbernya berasal dari tempat lain. Ada baiknya jika anda atau keluarga mengalami keluhan nyeri di perut kanan bawah segera diperiksakan ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Jika karena appendisitis maka bisa segera diatasi sehingga kasus usus buntu menjadi bernanah dan pecah bisa dihindari.

    Silakan baca artikel berikut yang terkait dengan keluhan yang anda rasakan:

    16 Ciri Ciri dan Gejala Penyakit Usus Buntu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Usus Buntu Bisa Kambuh Lagi Setelah Operasi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.