• Malam Dok.

    Usia saya 28 tahun, dalam 1 minggu terakhir saya merasakan nyeri pada buah zakar (lebih nyeri di bagian kiri).

    Saya mohon bantuan dari dokter untuk masalah ini dan jalan keluarnya, apa yang harus saya lakukan?

    Terima kasih sebelumnya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buah zakar yang terasa nyeri bisa disebabkan karena beberapa hal mulai dari sebab ringan hingga masalah tertentu yang lebih serius. Keluhan ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan serta kekhawatiran bagi individu yang mengalaminya. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab rasa nyeri di buah zakar yaitu antara lain :

    1. Orchitis atau infeksi pada buah zakar menjadi salah satu penyebab yang paling sering. Keluhan yang muncul dan dirasakan oleh pasien umumnya berupa rasa nyeri pada buah zakar, bengkak, kemerahan, buah zakar membesar, jika diraba bauh zakar terasa agak hangat, kadang juga disertai keluhan demam dan keluhan lainnya.  Infeksi pada buah zakar ini umumnya terjadi akibat bakteri.
    2. Hernia scrotalis merupakan penurunan bagian usus yang masuk ke dalam kantung buah zakar (skrotum) sehingga menimbulkan keluhan buah zakar yang nampak besar. Jika telah terjadi gangguan pasase usus dan gangguan vaskularisasi maka akan muncul keluhan berupa kemerahan pada buah zakar, nyeri, disertai keluhan lainnya.
    3. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis urologi sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Gejala dan Penyebab Hernia Inguinalis (Turun Berok)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Trima kasih Dok untuk penjelasannya.

Beranda Tanya Dokter Penyebab Buah Zakar Terasa Nyeri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.