• Saya Desy usia 20 tahun, sudah dua hari ini saya sakit perut disertai demam dan sakit kepala. Sampai-sampai tadi malam saya susah sekali untuk tidur karena sakit perut dan demam yang saya derita. Kira-kira itu penyebabnya apa dan solusinya bagaimana dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang kerap dialami oleh beberapa individu dan sering kali disertai dengan gejala lainnya seperti sakit kepala, batuk, pilek, sakit perut dan lain sebagainya. Penyebabnya beraneka ragam sehingga perlu digali informasi mengenai karakteristik demam misalnya apakah demam tinggi mendadak ataukah naik perlahan, sejak kapan demam dirasakan, apakah demam terus menerus sepanjang waktu atau naik turun, adakah waktu tertentu yang menunjukkan suhu lebh tinggi misalnya pada sore dan malam hari serta gejala penyerta yang dialaminya. Penyebab demam paling sering adalah karena infeksi, baik karena bakteri, virus, jamur atau mikroorganisme lainnya. Infeksi bisa terjadi pada organ tubuh manapun.

    Penyebab nyeri perut juga bisa sangat banyak, mulai dari gangguan di saluran cerna, saluran reproduksi, hingga saluran kemih. Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik maupun penunjang. Jika demam baru berlangsung 3 hari atau kurang maka cukup diberikan obat penurun panas terlebih dahulu. Namun jika demam berlangsung lebih dari 3 hari maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan penyebab. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Tips Obati Sakit Perut Anda Hingga Tuntas

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Sakit Perut Disertai Demam dan Pusing?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.