• Selamat sore dok, telapak kaki saya beberapa hari yang lalu tertusuk pecahan kaca hingga mengeluarkan darah. Keesokan harinya bekas tusukan itu membengkak seperti benjolan, sehingga saat berjalanpun saya merasa kesakitan. Kemudian beberapa hari setelahnya benjolan tersebut pecah dan berjalanpun tidak terlalu sakit. Mengapa bekas benjolan di telapak kaki saya sekarang menjadi lingkaran kemerah-merahan dok? Apakah hal yang serius? Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pasca tertusuk benda tajam misalnya pecahan kaca seperti yang anda alami maka biasanya akan keluar darah. Yang harus dipastikan adalah tidak adanya pecahan kaca yang tertinggal dalam kulit yang tertusuk karena jika masih ada yang tertinggal maka akan timbul infeksi yang berkepanjangan dengan keluhan nyeri, kemerahan area yang terkena, bengkak dan lain sebagainya.

    Bekas kemerahan pada kulit bekas tempat tertusuk bisa karena beberapa hal salah satunya karena penyebab di atas. Selain itu bisa juga terjadi karena infeksi akibat tindakan pembersihan kulit pasca tertusuk yang kurang dilakukan. Penyebab lainnya bisa saja karena peradangan pada daerah tersebut. Keluhan ini juga bisa terjadi dalam fase penyembuhan luka akibat proses peradangan yang belum hilang sempurna.

    Jika memang ada keluhan yang menyertai atau keluhan dirasakan makin memberat maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Jika masih ada pecahan kaca yang tertinggal maka harus dilakukan tindakan pencabutan pecahan kaca tersebut. Selain itu bisa diberikan antibiotik jika ada infeksi bakteri yang terlibat.

    Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Bekas Benjolan di Telapak Kaki Menjadi Lingkaran Kemerah-merahan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.