• Mega endah wahyuni

    Assalamu’alaikum,  selamat pagi dok

    Saya mega usia saya 23 tahun,  akhir” ini saya sering mengalami pusing,  mual, lemas dan sering lapar.  D pagi hari slalu terasa pusing dn mual di siang hari perut kadang terasa kram dan d malam hari sering skali lapar.  Awal nya saya kira itu tanda” kehamilan memang sih saya belum telat datang bulan karna setiap d tes pack hasil nya negatif

    Klo bkan krna hamil,  itu penyakit macam apa yg gejala nya sperti itu dok.  Mohon jawabannya ya dok

    Trimakasih..

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang mual dan muntah saat kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawab pertanyaan anda.

    Keluhan mual – mual dan muntah sering dialami oleh beberapa individu termasuk pada wanita hamil. Mual dan muntah pada kehamilan sebenarnya termasuk tanda mungkin hamil. Tanda – tanda kehamilan sendiri dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Mual, pusing dan lemas sendiri sebenarnya bisa terjadi karena banyak hal salah satunya karena gangguan lambung seperti dispepsia.  Dispepsia bisa terjadi karena telat makan, stress, makan makanan yang mengiritasi lambung dan lain sebagainya. Mual selama kehamilan sebenarnya tidak selalu menjadi keluhan yang dirasakan tiap wanita hamil. Ada wanita hamil yang tidak merasakannya sama sekali atau ada juga yang hanya mengeluh mual saja tanpa disertai muntah. Keluhan mual muntah saat kehamilan terjadi karena faktor hormon yang tak stabil di awal kehamilan. Sehingga biasanya keluhan ini kebanyakan terjadi pada trimester pertama kehamilan. Keluhan ini kebanyakan terjadi pada pagi hari namun banyak juga yang mengalami pada sore dan malam hari atau bisa juga tak tentu waktunya. Keluhan mual dan muntah selama kehamilan juga pada beberapa kasus bisa berlangsung memanjang hingga trimester dua atau hingga akhir kehamilan. Akan tetapi kasus ini cukup jarang terjadi.

    Untuk memastikan apakah saat ini anda sedang hamil atau tidak sebaiknya periksa tes pack terlebih dahulu atau anda bisa langsung periksa ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Cara Aman Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Penyebab Pusing, Mual dan Lemas

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.