• Apa penyebab tersumbatnya saluran tuba vallopi pada wanita dok? Dan bagaimana cara mengatasinya? Mohon penjelasannya, terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang wanita susah untuk hamil, salah satunya karena penyempitan atau tersumbatnya tuba falopi. Tuba falopi merupakan saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Saluran ini berfungsi sebagai saluran bagi sel Telur untuk keluar menuju rahim dan bertemu sperma. Ketika saluran ini tersumbat maka sel telur dan sel sperma tidak akan bisa bertemu sehingga tidak bisa terjadi pembuhan.

    Pemeriksaan untuk mengetahui apakah tuba falopi mengalami penyumbatan atau tidak adalah dengan dengan HSG (Histerosalpingogram). Dengan pemeriksaan ini, cairan kontras yang berwarna putih dan berfungsi untuk menunjukkan bagaimana aliran didalam Tuba Falopi akan dimasukkan. Jika lancar, maka akan terlihat warna putih hingga ke indung telur, dan jika terdapat penyumbatan maka akan terlihat gelap/tidak ada perubahan warna.

    Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada tuba falopi yakni antara lain karena Infeksi pada tuba falopi atau disebut salpingitis, adanya perlekatan dari jaringan ovarium (indung telur) ke tuba falopi, endometriosis, ataupun karena adanya lendir kering yang menyebabkan adanya perlekatan.

    Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan tersumbatnya tuba falopi tersebut. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter SpOG untuk mendapatkan penanganan terbaik berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

     

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Tersumbatnya Tuba Vallopi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.