• Assalamualaikum, selamat siang dokter. Saya mau menanyakan perihal permasalahan yang dialami ayah saya. Ayah saya sekarang berusia 59 tahun, sebelumnya sudah ketauan punya penyakit diabetes. Gejala awal yang mulai muncul yaitu gigi lepas hampir semua, sehingga sekarang menggunakan gigi palsu.

    Gejala selanjutnya yaitu ada luka pada jari kelingking kaki, sehingga ada seperti bentol kecil, yang akhirnya lepas sendiri karena menggunakan obat herbal. Gejala berikutnya yaitu pegal-pegal kaki, yang akhirnya sekarang merasa nyeri pada persendian kaki.

    Pertanyaannya adalah :

    1. Apakah itu murni akibat diabetes atau ada indikasi penyakit lain?

    2. Apakah penyembuhan yang harus dilakukan untuk meminimalkan rasa nyeri tersebut? Karena sudah datang ke dokter dan di vonis harus diamputasi.

    Sekian, semoga dokter bisa membantu. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Diabetes melitus atau kencing manis merupakan penyakit yang banyak dialami oleh beberapa individu. Penyakit akibat gangguan hormon insulin ini menyebabkan banyak keluhan dan komplikasi ke organ lainnya. Akibat kadar gula darah yang tinggi memang dapat menyebabkan banyak masalah mulai dari gigi yang mudah tanggal akibat jaringan penyokong gigi yang tidak mendapatkan suplai darah dengan baik karena kadar gula darah yang sangat tinggi, mudah timbulnya luka yang jika berlanjut terus menerus bisa menjadi ulkus atau borok, hingga keluhan lainnya.

    Penyakit diabetes melitus dapat menimbulkan komplikasi ke organ lainnya misalnya saraf (neuropati diabetik) sehingga menyebabkan keluhan kesemutan, nyeri dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga menimbulkan komplikasi pada pembuluh darah berupa naiknya tekanan darah, komplikasi ke ginjal dan masih banyak lagi.

    Keluhan – keluhan yang dialami ayah anda memang sumbernya karena kadar gula dalam darah yang tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan penyebab lainnya. Oleh karena itu harus dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Jika jaringan dan saraf telah rusak maka memang pilihan akhir dengan amputasi. Jika dokter sudah menyarankan untuk dilakukan tindakan amputasi maka artinya jaringan tersebut sudah tidak bisa dipertahankan dengan obat atau tindakan lainnya sehingga pilihan terakhir adalah dengan amputasi. Silakan konsultasi langsung dengan dokter yang menangani ayah anda untuk mendapat penjelasan lebih detail.

    Kenali Penyebab Diabetes Melitus (Kencing Manis) Agar Bisa Mencegahnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Penyembuhan untuk Penderita Diabetes yang Mengalami Nyeri Sendi dan Luka pada Jari?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.