• Selamat malam dok. Empat hari yg lalu ibu saya diperiksa ke klinik, karena penyakit maag yg dideritanya ahirnya dokter memberi resep yg meliputi antibiotik, lansoprazole 30mg bermerek zolesco, ranitidin dan paracetamol.

    Tadi pagi ibu saya kontrol ulang di klinik yg sama, tapi untuk obat lansoprozolenya hari ini dikasih yg generik. yang mau saya tanyakan apakah cara pengobatan seperti itu aman dan apakah efektivitas antara obat generik dan obat bermerek dangang berbeda, karena jika dilihat dari harga saja sudah jauh sekali bedanya. Terimakasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Obat generik terdiri dari obat generik berlogo dan obat generik bermerek. Selain itu ada juga jenis obat yang dikenal sebagai obat paten. Seringkali masyarakat menyamakan antara obat generik bermerek dan obat paten padahal sebenarnya mereka berbeda.

    Obat generik berlogo (OGB) merupakan obat dinamakan sesuai dengan zat aktif yang dikandungnya. Contoh, obat antibiotik levofloxacin dijual dengan nama “Levofloxacin”. Sedangkan obat generik bermerek dinamakan sesuai dengan keinginan produsen farmasi, misalnya perusahaaan K memnproduksi obat levofloxacin dengan merk “Levofloxan”.

    Obat paten merupakan obat yang khusus diproduksi oleh perusahaan tertentu berdasarkan riset yang telah dilakukannya dan obat ini hanya boleh diproduksi oleh perusahaan yang bersangkutan saja. Sedangkan obat generik merupakan obat yang  masa patennya telah habis semua perusahaan farmasi bisa memproduksinya tanpa perlu membayar royalti.

    Oleh karena itu tak heran jika obat paten jauh lebih mahal dibandingkan obat generik baik generik berlogo dan bermerek.

    Antara ketiga obat ini sebenarnya memiliki efektivitas yang sama namun obat generik lebih murah dari obat paten karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan riset penemuan dan biaya pematenan.

    Sedangkan obat generik berlogo lebih murah dari obat generik bermerek karena kemasannya lebih sederhana dan tidak perlu biaya promosi. Beberapa jenis obat generik bermerek juga  sering ditambah zat tambahan untuk mengurangi bau dan rasa yang kurang enak.

    Levofloxacin : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Perbedaan Obat Generik dengan Bermerek Dagang?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.