• Dok, apakah perlu melakukan vaksinasi pada orang dewasa? Kalau perlu dilakukan, apa saja jenis vaksin tersebut? Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Vaksinasi berperan penting untuk mencegah agar tidak terserang bibit penyakit dan mencegah perkembangan mikroorganisme tersebut menjadi lebih parah yang dapat menyebabkan dampak fatal bagi pasien berupa kematian. Di Indonesia, ada lima jenis vaksin yang wajib diterima seseorang sejak bayi yaitu, yaitu hepatitis B, BCG, Polio, MMR, dan DTP. Namun jika anda belum menerimanya sewaktu kecil, maka anda perlu mendapatkan suntikan vaksin – vaksin tersebut.

    Selain lima vaksinasi tersebut, ada beberapa jenis vaksin yang bersifat anjuran yakni vaksin influenza, pneumokokus, HPV, varicella, meningitis, dan lainnya. Untuk wanita sangat penting dianjurkan untuk melakukan vaksinasi HPV guna mencegah terjadinya kanker serviks (kanker leher rahim). Untuk orang yang akan pergi ke tanah suci Mekah sangat disarankan untuk mendapatkan vaksinasi meningitis untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut. Untuk orang yang bekerja di rumah sakit seperti dokter, perawat dan lainnya sangat dianjurkan untuk mendapat vaksinasi hepatitis B guna mencegah penularan penyakit yang dapat masuk via kontak darah.

    Sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk vaksinasi. Oleh karena itu jika anda merasa belum pernah mendapatkan vaksinasi yang lengkap saat anak-anak maka konsultasikan dengan dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat segera. Ceritakan pula riwayat kesehatan dan jenis pekerjaan Anda agar dokter bisa memberikan suntik vaksin yang tepat.

    Silakan baca artikel berikut:

    Suntik Imunisasi TT (Tetanus Toxoid) Pada Ibu Hamil

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Perlukah Melakukan Vaksinasi pada Orang Dewasa?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.