• risyah

    Gini dok, saya haid mulai tanggal 11 februari namun sejak 18 februari keluar flek berwarna merah kecoklatan. sebelumnya saya tidak merasakan nyeri, namun sejak keluar flek merah kecoklatan tersebut, perut bagian bawah saya terasa agak nyeri untuk duduk dan tiduran.

    Namun tidak terasa nyeri saat jalan. apakah ini normal dok? saya tunggu jawabannya ya dok, saya takut. terimakasih banyak dok

    Selamat siang

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan flek di akhir haid dan rasa nyeri pada perut. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan flek yang dialami oleh wanita memang sering sekali dikeluhkan. Flek atau bercak – bercak kecoklatan bisa muncul dalam beberapa keadaan, misalnya tidak lama setelah haid selesai, saat kehamilan muda, dan lain sebagainya.

    Keluhan flek yang anda alami setelah selesai haid (spotting di antara periode menstruasi) terjadi karena banyak hal, bisa karena spotting yang termasuk normal ataupun bisa juga karena masalah kesehatan tertentu. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyeba spotting atau flek yang mungkin terjadi yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Flek sering terjadi pada wanita akibat perubahan kadar hormonal yang terjadi pada saat stress psikis, menjalani aktivitas fisik yang berat, kurangnya istirahat hingga gejala pramenopause.
    2. Flek juga bisa terjadi akibat efek samping KB yang digunakan, baik pil KB, KB suntik, implan ataupun IUD.
    3. Akibat penggunaan obat-obatan tertentu seperti antikoagulan,aspirin.
    4. Tanda awal kehamilan
    5. Infeksi pada organ reproduksi, baik pada ovarium, uterus atau rahim, serviks hingga vagina
    6. Adanya tumor pada rahim misalnya polip atau mioma rahim atau serviks
    7. Penyebab lainnya

    Rasa nyeri pada perut yang anda alami bisa terkait dengan keluhan flek tersebut namun bias juga tidak. Rasa nyeri pada perut bisa terjadi karena infeksi organ reproduksi, endometriosis, hingga karena gangguan di organ lain selain organ reproduksi.

    Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Oleh karena itu silakan periksakan langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sakit Perut Bagian Bawah Pada Wanita

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Flek Merah Kecoklatan Disertai Nyeri Perut Bagian Bawah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.