• Selamat pagi Dokter. Dokter saya Pendi umur 21 tahun. Sudah tiga minggu saya mengalami keluhan perut bawah sebelah kiri saya sakit, perih dan kram. Saat kram hingga ke kaki kiri dan BAB saya ada bercak darahnya. Apakah usus sigmoid saya luka dok? Karena sebelumnya saya mengalami sembelit selama satu bulan. Apakah penyakit ini bisa disembuhkan lagi dengan total? Mengingat keluhan ini baru tiga minggu. Hari ini saya mau melakukan USG apakah dengan USG penyakit saya bisa ketahuan? Sekian dan terima kasih ya dokter.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pada perut kiri bawah bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari gangguan pada saluran cerna (misal karena infeksi, tukak usus, tumor dan sebagainya), gangguan pada saluran kemih (misalnya karena infeksi, batu saluran kemih) dan masih banyak lagi kemungkinan penyebabnya. Keluhan nyeri perut kiri bawah yang anda alami bisa berkaitan dengan riwayat sulit  BAB yang anda alami sebelumnya atau bisa juga tak berkaitan. Oleh karena itu memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail.

    Begitu pula dengan keluhan buang air besar berdarah bisa terjadi karena berbagai hal. Penyebab buang air besar (BAB) berdarah bisa karena berbagai hal berikut ini:

    • Hemorrhoid atau ambeien menjadi penyebab tersering. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah dengan atau tanpa nyeri. Selain itu bisa juga disertai keluhan keluar benjolan dari anus. Terdapat beberapa faktor pencetus keadaan ini seperti kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    • Gastritis erosif atau ada tukak pada lambung yakni dengan keluhan buang air besar disertai darah yang berwarna hitam. Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung.
    • Dan masih banyak lagi.

    Silakan periksakan langsung ke dokter untuk memastikan penyebab pasti keluhan anda. USG bisa menjadi salah satu pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan. Namun penentuan perlu tidaknya USG tergantung hasil pemeriksaan fisik oleh dokter.

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Usus Sigmoid Luka Dapat Disembuhkan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.