• Billa

    Assalamualaikum dok, saya Billa umur saya 21 tahun dan saya belum menikah.

    Dok saya mau bertanya, perut bawah saya terasa nyeri seperti datang bulan kurang lebih sudah 2 minggu, terjadi hampir setiap hari (terjadi 2-3 kali sehari dengan frekuensi sakit 30 menit sampai 1 jam) padahal saya tidak sedang menstruasi.

    Saya pikir menstruasi saya terlambat 1 minggu karena bulan-bulan sebelumnya menstruasi saya terjadi di tanggal 10-20 an, tetapi bulan ini saya belum menstruasi.

    Keputihan saya normal, bahkan beberapa hari terakhir saya tidak keputihan. Terkadang siklus menstruasi saya tidak normal, seringnya mundur 1 minggu sampai kadang-kadang sebulan.

    Apakah gejala ini normal terjadi dok? Atau saya perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang nyeri perut bawah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri perut sangat umum dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat.

    Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda.

    Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus. Lokasi nyeri pun berbeda – beda. Sayangnya anda tidak menjelaskan secara detail informasi terkait keluhan anda.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri perut yaitu antara lain:

    1. Gastroenteritis yakni infeksi pada lambung dan usus bisa menyebabkan keluhan nyeri perut. Biasanya disertai keluhan lain seperti diare dan sebagainya.
    2. Infeksi pada organ reproduksi.
    3. Adanya tumor pada organ reproduksi.
    4. Faktor psikosomatis juga bisa menjadi penyebab
    5. Endometriosis atau penebalan dinding rahim
    6. Penyebab lainnya

    Telat mens juga bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari karena kista ovarium, tumor, infeksi dan lain sebagainya.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    10 Penyebab Kram Perut dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Perut Bawah Kram seperti Menstruasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.