• Novie

    Yth Dokter di Mediskus,

    Saya setiap hari mengalami perut kembung. Posisi kembung lebih pada perut bagian bawah.  Akibat kembung ini menyebabkan terus-menerus mengalami kentut dan ini cukup menyiksa.

    Kembung terjadi tidak mengenal waktu, pagi, siang, malam dan dalam keadaan perut kosong maupun terisi bisa merasa kembung tak berkesudahan.

    Saya memiliki myom.  Apakah ini ada hubungannya ? Teman saya baru menjalani operasi myom dimana myom-nya sudah mengalami perlengketan di usus.  Menurutnya akibat perlengketan tersebut maka ia sering mengalami kembung.  Apakah benar ada kaitan antara myom dan perut kembung?

    Terima kasih atas atensi dan jawaban dokter.

     

    Salam,

    Novi

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang perut kembung dan mioma. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Mioma atau disebut mioma uteri adalah tumor yang berasal dari jaringan otot pada rahim wanita. Rahim termasuk dalam organ reproduksi. Biasanya mioma tidak bergejala namun jika sudah sangat besar dapat menimbulkan keluhan yang berkaitan dengan organ reproduksi seperti perdarahan. Mioma juga bisa menyebabkan perut terasa penuh jika memang ukurannya sangat besar. Hal ini mungkin dirasakan sebagai keluhan kembung ataupun kram di perut.

    Untuk keluhan kembung sendiri sebenarnya bisa karena banyak hal, yang paling sering disebabkan karena gangguan di saluran cerna, terutama di bagian lambung. Gangguan lambung yang paling sering adalah dispepsia. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi, stress dan lain sebagainya.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan dispepsia antara lain dengan:

    • Jaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    • Rilekskan pikiran karena faktor stress bisa menjadi salah satu faktor pencetus dispepsia.
    • Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).

    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah benar akibat karena mioma yang berukuran besar atau karena masalah terjadi pada lambung anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kaitan Perut Kembung dengan Miom di Rahim

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.