• Malam dok.. umur saya 28 tahun dan sudah menikah hampir 2 tahun, 2 bulan terakhir perut saya bagian kiri terkadang suka berkedut dan mengencang, kalau miring agak mengganjal.

    Saya tes tapiĀ  hasilnya negatif, dan haid saya juga terlambat 2 hari dari jadwal haid nya, 2 bulan terakhir selalu telat, apa itu pertanda hamil dok?

    Terima kasih sebelumnya dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang telat haid, nyeri perut kiri dan juga tanda kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan telat haid bisa disebabkan oleh banyak hal dan tidak hanya terkait kehamilan. Secara umum ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1. Stress atau gangguan psikis.
    2. Kelelahan fisik
    3. Diet ketat
    4. Obesitas atau kegemukan
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    6. Kehamilan
    7. KB hormonal terutama KB 3 bulan
    8. Penyebab lainnya

    Begitu pula dengan keluhan perut kiri yang terasa kencang bisa disebabkan oleh banyak hal misalnya kram otot perut hingga masalah pada organ dalam.

    Oleh karena itu tidak bisa hanya berdasarkan keluhan tersebut di atas maka kita bisa menyimpulkan apakah seseorang sedang hamil atau tidak.

    Kehamilan sendiri memiliki beberapa tanda yang dibagi menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil seperti telat haid, mual, muntah, hasil test pack positif dan lain sebagainya.

    Sedangkan tanda pasti hamil adalah ditemukannya detak jantung janin yang bisa diketahui salah satunya dengan pemeriksaan USG kehamilan. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    trima kasih dokter dina ats jawabnya

Beranda Tanya Dokter Perut Terasa Berkedut di Sebelah Kiri Dekat Pusar

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.