• ilona

    Siang dok, saya mau tanya….Saya Hamil 34 minggu dok tapa sudah seminggu ini perut saya terasa kencang dan punggung sakit, dan juga sering ada gerakan di perut bagian bawah, apakah itu tanda-tanda mau melahirkan dok?apa bayi saya sudah mulai turun ke panggul dok? terimakasih

     

     

     

     

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang tanda melahirkan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Usia kehamilan yang tepat untuk melahirkan adalah usia kehamilan di atas 37 minggu dimana janin dalam kandungan sudah matang dan lebih siap untuk dilahirkan.

    Namun biasanya untuk lahir normal, persalinan terjadi pada usia kehamilan 38 – 39 minggu. Ada beberapa tanda yang bisa terjadi saat akan melahirkan yakni kontraksi pada perut yang semakin sering yakni 3-5 kali dalam 10 menit dengan durasi sekali kontraksi sekitar 45 detik.

    Rasa kontraksi berupa perut yang terasa mulas, dinding perut yang kencang dan keras. Selain itu, ibu yang akan melahirkan akan keluar lendir dan darah dari kemaluan serta pecahnya air ketuban.

    Kontraksi selama kehamilan bisa berupa kontraksi palsu maupun kontraksi persalinan. Ciri kontraksi persalinan adalah seperti yang saya jelaskan di atas.

    Namun kontraksi palsu sifatnya lebih tidak teratur, lebih singkat, dan lebih sedikit. Selain itu biasanya kontraksi palsu akan menghilang dengan perpindahan posisi, atau jika dibawa berjalan.

    Pada usia kehamilan anda yang baru mencapai 34 minggu kemungkinan memang kontraksi palsulah yang terjadi. Namun jika kontraksi berlangsung sering dan cukup lama serta lebih teratur ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

    Kontraksi Palsu atau Melahirkan? Ini Bedanya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Perut Terasa Kencang Saat Hamil dan Punggung Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.