• Selamat pagi dokter, kemarin saya melakukan cek kesehatan cek darah lengkap. Hasil cek darah tersebut trombosit 278000 leukosit 12850 SGOT saya 64 dan SGPT 99 , dan petekie di kulit tangan dan kaki saya, dokter pemeriksa menyarankan saya cek ke spesialis penyakit dalam. Pertanyaan saya apa penyebab petekie tadi? Apa pantangannya? dan bagaimana mengatasinya?Mohon bantuan penjelasan dok,  terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan forum konsultasi online gratis di mediskus.com.

    Berdasarkan hasil pemeriksaan yang anda lakukan hasil pemeriksaan yang menunjukkan ketidaknormalan adalah jumlah leukosit dalam darah anda. Normalnya jumlah leukosit berada di antara 4500 sampai dengan 10.700. Pada hasil pemeriksaan yang anda lakukan diketahui bahwa terdapat peningkatan leukosit atau disebut juga dengan leukositosis.

    Ada beberapa penyebab leukositosis yang paling sering adalah karena infeksi bakteri. Namun perlu digali informasi secara lebih detail dan juga dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan dimana sumber infeksinya dan kemungkinan kuman penyebabnya.

    Petekie sendiri merupakan bintik merah pada kulit akibat rembesan darah yang disebabkan kebocoran kapiler darah. Ada beberapa penyebab petekie mulai dari penyakit autoimun seperti idiopatik trombositopenia purpura (ITP), penyakit infeksi misalnya infeksi virus dan lain sebagainya.

    Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan informasi secara lebih detail terkait keluhan – keluhan apa saja yang anda alami selain bercak merah pada kulit. Hal ini penting untuk membantu menyingkirkan kemungkinan penyebab lainnya. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    20 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa penyebab Petekie pada Kulit dan Bagaimana Mengatasinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.