• Dok, saya mau bertanya. Umur saya 17 tahun dan saya menderita penyakit pilek dan telah berlangsung selama lebih dari 2 bulan. Saya tidak tahu apa penyebabnya, cairan yang keluar dari hidung saya berwarna putih pucat dan kental. Bagaimana cara menyembuhkannya dok? Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluarnya cairan kental (ingus) dari dalam hidung sebenarnya bisa karena beberapa sebab. Mukus atau lendir ini sebenarnya merupakan respon normal tubuh (dalam hal ini adalah rongga hidung) saat ada benda asing yang masuk dalam rongga hidung sehingga benda asing tersebut tidak dengan mudahnya masuk ke saluran napas yang lebih dalam. Ada beberapa penyebab keluarnya ingus dari dalam hidung yakni karena beberapa hal sebagai berikut:

    • Adanya corpus alienum atau benda asing yang masuk ke hidung menyebabkan mukosa hidung menghasilkan mukus (ingus). Beberapa kejadian yang sering terjadi adalah masuknya kacang ke dalam hidung pada anak – anak. Jika benda asing ini tidak segera dikeluarkan maka mukosa hidung akan terus memproduksi ingus semakin banyak dan kental serta menstimulus terjadinya infeksi pada rongga hidung.
    • Polip hidung bisa menyebabkan hidung pasien terasa tersumbat dan merangsang pengeluaran ingus terus menerus.
    • Rhinitis atau peradangan pada rongga hidung bisa menyebabkan keluarnya ingus. Ingus bisa berwarna bening hingga mengalami perubahan warna menjadi kekuningan bahkan bisa bercampur darah. Penyebabnya bisa karena alergi hingga karena infeksi.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda maka silakan periksakan diri secara langsung ke dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Cara Menyembuhkan Pilek/Flu dengan Cepat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menyembuhkan Pilek Selama 2 Bulan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.