• Assalamualaikum

    Dok saya ingin bertanya kenapa ya pipi sebelah saya ini masih bengkak ini sudah 3 minggu pembengkakan nya masih ada dok.

    dan kalau saya sedikit pencet disekitar hidung saya bengkak itu kayak keras sekali.. saya coba cari masalah ini di internet kata nya saya abses dok.

    kalau abses nya keras begini bagaimana ya dok… minggu ke 2 lalu saya sudah konsul sama dokter bedah mulut kata dokter penyebabnya adalah gigi berlubang jika tidak bisa d’evaluasi gigi tersebut harus di cabut.

    tapi sampai sekarang dokter tersebut, belum mencabut gigi saya mungkin masih bisa dipakai ya dok.. tapi yang jadi pertanyaan saya, kenapa ini bengkak masih ada padahal waktu minggu ke 2 itu sudah d’sayat dibagian gusi, dan di keluarkan nanah nya.

    jadi saya diberi karet untuk membuka terus lubang bekas bedahan dokter tersebut tapi selama 2 hari karet itu lepas sendiri saat saya kumur” dengan obat kumur minosep dan diberi sedikit obat untuk menenangkan rasa sakit.

    mungkin… setelah karet itu lepas saya besok pagi nya langsung konsul sama dokter bedah mulut nya.. kata beliau itu adalah kumpulan nanah yang ada dibagian pipi kiri saya ,jadi setelah lepas itu saya disuruh untuk mengeluarkan nanah tersebut.

    terus menerus selama 30 menit 1 x… tapi pas setelah hari sabtu kemarin saya konsul lagi, kenapa ini masih ada benjolan nya dok? wah kata dokter ini bedah kemarin di gusi sudah menutup rapat jadi tidak bisa di keluarkan lagi ,nanah nya, padahal kayak nya nanah nya masih ada di pipi saya.

    kata dokter kembali mungkin itu nanah sudah menjadi jaringan ikat sehingga akan seperti itu terus menerus.. jadi saya disuruh kompres pakai air hangat ya saya kompres dok setelah dirumah.

    tapi sekali paginya entah kenapa pembengkakan dan kemerahan nya makin membesar setelah di kompres dengan ai hangat itu mungkin itu efek samping nya / bagai mana dok?

    saya bingung saya tanya perawat yang ada disana, katanya ikuti saran dokter spesialis nya karena beliau lebih tau… saya diberi obat anti biotik sporetik 100 / cefixeme 100 mg, Trichodazol 500 / metronidazole 500 mg dan obat kumur betadine..

    Apakah obat tersebut baik bagi saya dok,, mohon sarannya karena ini sangat berpengaruh bagi kehidupan saya… saya ingin sekali dok muka saya kembali seperti dulu?

    Terima kasih dok mohon maaf jika meminta sarannya terlalu banyak

    Waalaikum salam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Abses merupakan suatu penyakit dimana terdapat kantung atau ruang berongga yang berisi nanah akibat suatu proses infeksi. Abses bisa terjadi di kulit, di mulut dan lain sebagainya. Abses di mulut sering terjadi di gusi sebagai akibat penjalaran infeksi pada gigi ataupun gusi yang tidak mendapat pengobatan yang adekuat dan tepat. Umumnya karena pasien tidak mengobati atau mengobati sendiri tanpa konsultasi dengan dokter.

    Abses di rongga mulut dapat mengenai beberapa lokasi, mulai dari abses peripapikal yang kemudian bisa menjalar hingga ke tulang di bawah periosteum dan bisa menimbulkan abses subperiosteum. Jika abses berlanjut ke mukosa dan berkembang di tempat tersebut maka dapat menimbulkan abses submukosa. Untuk kasus anda saya tidak bisa mengatakan diagnosis pastinya karena saya tidak melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap anda.

    Saran saya sebaiknya anda mengikuti anjuran dokter yang menangani anda karena tentu beliau yang lebih tahu kondisi fisik anda. Obat – obat yang diberikan pun sesuai untuk pengobatan infeksi sehingga diharapkan dengan obat – obatan tersebut abses bisa mereda dan mengalami perbaikan. Yang perlu anda perhatikan adalah anda harus mengkonsumsi obat tersebut sesuai anjuran jangan ada yang terlewat agar kuman tidak menjadi resisten terhadap antibiotik yang diberikan. Sebaiknya anda rajin berkonsultasi dengan dokter anda untuk melihat sejauh apa perkembangan penyakitnya. Usahakan 1 hari sebelum obat habis, anda bisa berkonsultasi ulang. Sehingga jika memang akan dilanjutkan pengobatan antibiotiknya maka antara pengobatan satu dengan lainnya bisa saling berkelanjutan tanpa ada periode henti.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok sarannya sangat membantu saya… alhamdulillah saya tidak pernah mlewat kan sedikit pun tentang obat tersebut saya minum dengan teratur sesuai anjuran dojter… tpi dok kenapa saat saya mengompres dengan air hangat tersebut pengerasannya makin menjadi dan makin tambah besar dpipi saya dan makin memerah apakah itu efek samping nya saat saya mengompres dengan air hangat dan saya hari selasa ini harus kontrol lgi dan harus ronsent k2 tpi ronsent an ini untuk mengatahui k’adaan yang ada dpipi saya… saya sangat takut dok kalau tambah besar karena sangat mempengaruhi dikehidupan saya apalagi saya masih kuliah jadi merasa terganggu mana ini sudah 3 minggu… apakah penyakit ini  bisa sembuh dengan cepat dok,, dan apa pantangan mknan / minuman yg tidak boleh saya makan ?…

     

    Sekali lgi mohon sarannya dok,, terima kasih

Beranda Tanya Dokter Pipi Bengkak Akibat Gigi Berlubang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.