• Dok, saya memiliki preauricular sinus di kedua telinga saya. Preauricular sinus di telinga bagian kiri rutin mengeluarkan sekretnya dan tidak sakit, tapi 2 hari ini seperti mengeras, pegal dan mengeluarkan sekret yang lebih banyak. Bagaimana cara mengatasinya dok?

    Terimakasih.

     

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sinus preaurikular atau disebut juga fistula preaurikular merupakan salah satu penyakit kongenital atau kelainan bawaan yang disebabkan oleh kegagalan bersatunya tuberkulum arkus pertama ke tuberkulum – tuberkulum lainnya. Muara fistel ini sering mengeluarkan sekret atau cairan yang berasal dari kelenjar sebasea (kelenjar minyak). Gangguan ini sebenarnya tidak berbahaya tetapi kadang bisa terjadi infeksi pada fistel yang mengakibatkan terjadinya bengkak dan nyeri di lubang tersebut.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinus/ fistula preaurikular. Pengobatan pada fistula preaurikular yang terinfeksi adalah denganpemberian  antibiotik dan juga memberikan kompres hangat pada area tersebut. Pada kasus infeksi yang sering kali berulang maka pilihan terapi lainnya adalah dengan tindakan operasi atau pembedahan.

    Untuk mengetahui terapi apa yang sesuai dengan kondisi anda saat ini maka anda dapat memeriksakan diri secara lansung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pada fistula yang tidak bergejala, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi antara lain dengan menghindari manipulasi pada area fistel serta membersihkan muara fistel dengan alkohol atau cairan antiseptik lainnya secara rutin. Silakan konsultasi secara langsung ke dokter untuk mendapat penjelasan lebih detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mengatasi Preauricular Sinus?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.